Minggu, 23 Desember 2012

Ilmu Pelatihan Olahraga

Ilmu Pelatihan adalah ilmu terapan yang mempelajari masalah-masalah atelt, pelatih, proses berlatih-melatih, pertandingan, evaluasi hasil latihan dalam rangka mencapai prestasi yang maksimal, atau suatu ilmu yang mempelajari teori dan metodologi latihan guna mencapai prestasi yang maksimal.

Sebagai ilmu terapan, ilmu kepelatihan mengandung makna seni dan empiris. Seni berarti dalam penerapannnya perlu memperhatikan keunikan sifat dan karakter atlet yang beraneka ragam sehingga suatu metode melatih yang diterapkan untuk atlet yang berbeda terkadang tidak dapat diperoleh hasil yang sama, sedangkan empiris berarti semakin banyak seorang pelatih menerapkan ilmunya semakin pandai memilih metode yang tepat bagi atletnya.

Ciri-ciri yang dimiliki ilmu kepelatihan olahraga antara lain: proses pendidikan, berlatih terus menerus, kekhususan cabang olahraga, kompetisi yang diatur dengan pertandingan, sportifitas, kesadaran dan kesukarelaan dan prestasi prima.

Pelatih sebagai bagian dari sistem pembinaan prestasi olahraga, merupakan tokoh kunci yang harus memahami tatacara pelatihan yang benar, yakni dengan menguasai ilmu pelatihan atau teori dan metodologi latihan yang berisi konsep-konsep dasar aplikatif ilmiah yang dapat dipergunakan sebagai dasar untuk melakukan kegiatan pelatihan dengan resiko sekecil mungkin.
untuk dapat memahami teori dan metodologi latihan seorang pelatih dituntut menguasai berbagai ilmu pendukung antara lain: Kesehatan olahraga, anatomi, fisiologi, statistika, biomekanika, tes pengukuran, kebugaran jasmani, psikologi, ilmu pendidikan, sejarah, belajar gerak, sosiologi, dan ilmu gizi.
Sumber Energi Aerobik dan Anaerobik
Energi Aerobik dan Anaerobik 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar